Sabtu, 14 Januari 2012

Akal, Hati pada Zaman Yunani Kuno (Paramanides)

Akal, Hati pada Zaman Yunani Kuno (Paramanides)
Paramanides adalah seorang tokoh relativisme yang penting, kalau bukan yang terpenting. Paramanides yang lahir pada kira-kira tahun 450 SM dikatan sebagai logikawan pertama dalam sejarah filsafat, bahkan dapat disebut filosof pertama dalam pengertian modern. Sistemnya secara keseluruhan disandarkan pada deduksi logis, tidak seperti Heraclitus, misalnya yang menggunakan metode intuisi, ternyata plato amat menghargai metode Parmanides itu, dan plato lebih banyak mengambil dari Parmanides dibandingkan dari filosof lain pendahulunya.
Dalam The Way of Truth Parmanides bertanya: Apa setandar kebenaran dan ukuran realitas? Bagaimana hal itu dapat dipahami? Ia menjawab ukurannya ialah logika yang konsisten. Perhatikanlah contoh berikut. Ada tiga cara berfikir tentang Tuhan: (1) ada, (2) tidak ada, (3) ada dan tidak ada. Yang benar ialah ada (1). Tidak mungkin meyakini yang tidak ada. Yang ketiga pun tidak mungkin karena tidak mungkin Tuhan itu ada dan sekaligus tidak ada.
Jadi, benar tidaknya suatu pendapat diukur dengan logika. Disinilah masalah muncul. Bentuk ekstrim pertanyaan itu ialah ukuran kebenaran adalah akal manusia, ukuran kebenaran adalah manusia. Dapatkan anda menangkap konsekwensi rumus ini?

0 komentar

Posting Komentar