Kamis, 12 Januari 2012

Faedah Belajar filsafat


Faedah belajar filsafat

Socrates disangka gila oleh sebagian orang Athena. Pengadilan menyatakan ia merusak pemuda, si gila yang merenung-renungkan sesuatu di atas awan dan mencari rahasia di bawah bumi, sedangkan lubang di depan rumahnya pun ia tidak tahu. Kalau begitu, apa ada faedahnya mempelajari filsafat?
            Sekurang-kurangnya ada empat macam faedah mempelajari filsafat: agar terlatih berfikir serius, agar mampu memahami filsafat, agar mungkin menjadi filosof, dan agar menjadi warga Negara yang baik.
            Berfilsafat ialah berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu dengan menggunakan pemikiran secara serius. Kemampuan berfikir serius diperlukan oleh orang biasa, penting bagi orang-orang penting yang memegang posisi penting dalam membangu dunia. Plato menghendaki kepala Negara seharusnya filosof. Kemampuan berfikir serius itu, mendalam adalah salah satu cirinya, tidak akan dimiliki tanpa melalui latihan. Belajar filsafat merupakan bentuk latihan untuk memperoleh kemampuan memecahkan masalah secara serius, menemukan akar persoalan yang terdalam, menemukan sebab terakhir suatu penampakan.

0 komentar

Posting Komentar