Kamis, 12 Januari 2012

Aliran Teori Pengetahuan Rasionalisme



Aliran Rasionalisme
Aliran ini menyatakan bahwa akal adalah dasar kepastian pengetahuan. Manusia, menurut aliran ini memperoleh pengetahuan melalui kegiatan akal menangkap obyek. Orang mengatakan bapak aliran ini ialah Rene Descrates (1596-1650) ini benar, akan tetapi, sesungguhnya paham seperti ini sudah ada jauh sebelum itu. Orang-orang Yunani kuno telah meyakini juga bahwa akal adalah alat dalam memperoleh pengetahuan yang benar, lebih-lebih pada Aristoteles.
            Rasionalisme tidak mengingkari kegunaan indera dalam memperoleh pengetahuan, pengalaman indera diperlukan untuk merangsang akal dan memberikan bahan-bahan yang menyebabkan akal dapat bekerja.akan tetapi untuk sampainya manusia pada kebenaran adalah semata-mata dengan akal.
            Kerjasama empirisme dan rasionalisme atau rasionalisme dan empirisme inilah yang melahirkan metode sains (science, method), dan dari metode inilah lahirlah pengetahuan sains ( scientific knowledge) yang dalam bahasa Indonesia sering disebut pengetahuan ilmiah atau ilmu pengetahuan

1 komentar

imam ciprut 25 Februari 2014 15.22

Keren sob

www.kiostiket.com

Poskan Komentar