Kamis, 12 Januari 2012

Cara Mempelajari Filsafat


 Cara mempelajari filsafat
Isi filsafat ialah buah pikiran filosof. Bagaimana cara mempelajarinya? Ini adalah kata lain bagi bagaimana cara memahaminya. Pertama sekali perlu kiranya diketahui bahwa isi filsafat amat luas. Luasnya itu disebabkan pertama oleh luasnya obyekpenelitian (obyek material) filsafat, yaitu segala yang ada dan mungkin ada. Sebab lain ialah filsafat adalah cabang pengetahuan yang tertua. Dan sebab ketiga adalah pendapat filosof tidak ada yang tidak layak dipelajari, tidak ada filsafat yang ketinggalan zaman. Lalu, bagaimana menghadapinya? Dari mana memulainya?
            Ada tiga macam metode mempelajari filsafat: metode sistematik, metode histories, metode kritis.
            Metode Sistematis berarti pelajar menghadapi karya filsafat. Misalnya mula-mula pelajar menghadapi teori pengetahuan yang terdiri atas beberapa cabang filsafat. Setelah itu ia mempelajari teori hakikat yang merupakan cabang lain. Kemudian ia mempelajari teori nilai atau filsafat nilai.
            Metode Hiastoris digunakan bila para pelajar mempelajari filsafat dengan cara mengikuti sejarahnya, jadi sejarah pemikiran.
Metode Kritis digunakan oleh mereka yang mempelajari filsafat tingkat intensif. Pelajar haruslahsedikit banyak telah memeliki pengetahuan filsafat.

0 komentar

Poskan Komentar