Rabu, 11 Januari 2012

Pengertian Filsafat dari Beberapa Tokoh

Poedjawijatna (1974:1) menyatakan bahwa filsafat berasal dari kata Arab yang berhubungan rapat dengan kata yunani, bahkan asalnya dari kata yunani. kata yunaninya ialah philosophia. dalam bahasa yunani kata philosophia merupakan kata majemuk yang yang terdiri atas philo dan sophia. philo artinya cinta dalam artian yang luas, yaitu ingin, dan karena itu lalu berusaha mencapai yang diinginkan itu, sophia artinya kebijakan yang artinya pandai, pengertian yang mendalam, jadi menurut namanya saja filsafat bileh diartikan ingin mencapai pandai, cinta pada kebijakan

Hasbullah Bakry (1971:11) mengatakan bahwa filsafat adalah sejenis pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta, dan manusia sehingga menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu setelah mencapai pengetahuan.

Plato mengatakan bahwa filsafat ialah pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran asli.
Aristoteles filsafat ialah pengetahuan yang meliputi pengetahuan yang tergabung di dalamnya metafisika, logika, retorika, ekonomi, politik dan estetika.
Al-Farabi filsafat ialah pengetahuan tentang alam ujud bagaimana hakekatnya yang sebenarnya.
Pythagoras orang yang mula-mula menggunakan kata filsafat, memberi definisi filsafat sebagai the love for wisdom. menurut Pythagoras menusia yang paling tinggi nilainya ialah manusia pecinta kebijakan (lover of wisdom) sedangkan yang dimaksud wisdom ialah kegiatan perenungan tentang tuhan, ia membagi kualitas manusia menjadi tiga tingkatan; lovers of wisdom, lovers of success, dan lovers of pleasure (Mayer, 1950:26)

0 komentar

Poskan Komentar